Proyek Peningkatan Jalan, Kontruksi Rigid Pavement Ruas Penganten Pekuwon Diduga Kurangi Kedalaman Straus

BOJONEGORO | MMCNews.id – Pembangunan jalan di wilayah Kabupaten Bojonegoro terus dikebut dengan kintruksi rigid beton, Tahun ini Pemkab Bojonegoro menargetkan pembangunan jalan rigid beton sepanjang 189,8 KM, Namun pada pelaksanannya, tidak semua pembangunan mendapat pengawasan secara ketat oleh Dinas PU setempat. 

Seperti pekerjaan di ruas Penganten – Pekuwon, yang saat ini dalam pengerjaan, didapati straus di ruas tersebut dengan kedalaman rata rata 30cm.

Bacaan Lainnya

Investigasi media ini dilokasi pekerjaan rigid beton tersebut kedalaman untuk straus, di duga tidak sesuai Rancana Anggran Belanja (RAB). selain itu dilokasi pekerjaan peningkatan jalan Penganten – Pekuwon tidak ditemukan papan informasi proyek.

Salah satu warga yang tinggal disekitar lokasi pekerjaan mengatakan, bahwa pada pekerjaan rigid beton tersebut ada dugaan kecurangan pada kedalaman straus.

“Kedalaman lubang straus rata- rata 30 cm” ucapnya, pada (16/9/2021). 

Dirinya berharap agar pembangunan jalan tersebut tidak dikerjakan asal – asalan, mengingat jalan poros tersebut menjadi harapan masyarakat untuk menopang ekonomi warga.

Tak hanya kedalaman straus, dalam pengerjaan peningkatan jalan tersebut juga tidak terpasang papan proyek seperti yang tertuang dalam peraturan 1.Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”), 2.Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (“Permen PU 12/2014”).

Dan Undang – Undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik.

Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan yang merupakan hak setiap warga negara untuk mendapat serta memperoleh informasi publik berdasarkan asas keterbukaan.

Pemasangan papan nama proyek ini termasuk pekerjaan persiapan (Pre-Construction).  salah satunya adalah pemasangan papan nama proyek sebanyak yang diperlukan.

Hingga berita ini ditayangkan Pagu anggaran maupun pihak penyedia jasa dan Consultan pengawas belum diketahui.

Hingga berita ini tayang, Pihak Pelaksana maupun Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Kabupaten Bojonegoro belum dapat dikonfirmasi lebih lanjut soal pekerjaan peningkatan Jalan Penganten – Pekuwon .(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *