BPBD Kab Malang Serta Dibantu TNI-Polri Bersihkan Sisa Lumpur Pasca Banjir Bandang

Malang, Suaraglobal-Online – BPBD (Penagulangan Bencana Daerah) Kab Malang bersama tim Relawan, TNI-Polri dan masyarakat nampak membersihkan sisa Lumpur di Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. 

Pasca luapan lumpur yang menimbun jalan serta rumah penduduk terlihat dibersihkan oleh petugas gabungan tersebut. Termasuk membersihkan sisa Lumpur yang ada di jalan. Terlihat alat berat tengah melakukan evakuasi tumpukan material yang ada di jalan dan menyumbat aliran sungai. Banjir Lumpur itu terjadi pada Selasa (9/3/2022) sore, pasca wilayah itu diguyur hujan dengan intensitas tinggi. 

Bacaan Lainnya

“Saya (petugas; red) masih melakukan Rumah warga yang terendam Lumpur dan kerugian akibat kejadian itu, ” kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan ditemui di lokasi kejadian, Rabu (9/3/2022). 

Menurutnya,banjir bercampur material Lumpur itu menyebabkan timbunan Lumpur setebal 1-2 sentimeter, yang kini tengah dibersihkan bersama tim gabungan. 

Bambang Istiawan juga menjelaskan hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan kandang peternakan yang berada di dekat jembatan desa setempat ambruk hingga material kayu dan bambu bercampur Lumpur ditengarai dari lereng perbukitan tergerus air hujan  dan terbawa arus sungai, yang menyumbat, hingga air dan Lumpur meluap ke permukiman dan jalan di desa tersebut. 

” Total rumah penduduk terdampak masih kita data. Kita sekarang fokus pembersihan sisa-sisa lumpur, ” Bebernya. 

” Untuk korban jiwa sampai sekarang tidak ada. Personel BPBD yang dikerahkan sekitar 10 orang. Ada puluhan bersama personel gabungan mas, ” sambung Bambang Istiawan. 

Saat ini, Bambang mengaku tengah mencari titik aliran sungai yang tersumbat hingga menyebabkan air meluap ke jalan dan permukiman. 

” Kita cari sumber sumbatan utama agar saat hujan tidak terjadi luapan air dan Lumpur lagi, ” pungkasnya.(Mad/Ad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *